Selasa, 18 Juli 2017

Teknologi Terhadap Saya

Saya hidup di zaman penuh teknologi. Semua aktivitas kehidupan ditunjang oleh teknologi. Dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi saat ini telah menyatu menjadi unsur kehidupan karena berdampak sangat penting pada pola hidup manusia. 

Saya seorang mahasiswi ilmu komunikasi merasakan pengaruh dari perkembangan teknologi. Bagaimana tidak, karena mahasiswa/i ilmu komunikasi pasti berkutat dengan teknologi. Begitu juga mahasiswa teknik informasi, sistem informasi maupun mahasiswa lainnya.

Pengaruh dari perkembangan teknologi, khususnya teknologi komunikasi terbagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Tetapi hal tersebut kembali lagi kepada pribadi masing-masing. Karena setiap individulah yang berhak dan mampu untuk memilah teknologi yang ada menjadi bermanfaat atau tidak.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus meningkat seiring kebutuhan manusia. Dengan berkembang dan majunya teknologi, pekerjaan dan masalah-masalah yang kita hadapi jadi lebih mudah diselesaikan. Tetapi menurut saya, perkembangan  dan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari itu seperti peribahasa “api kecil jadi kawan, jika besar menjadi lawan”. Karena jika perkembangan dan penggunaan teknologi diterapkan secara tepat dan benar, maka akan menimbulkan dampak positif yang sangat berguna bagi manusia. Tetapi, jika penerapanya salah atau terlalu  berlebihan, maka dapat menimbulkan dampak negatif.

Berikut adalah dampak positif dari perkembangan dan penggunaan teknologi:
  • Pada zaman dulu, jika ingin berkomunikasi dengan orang lain harus menggunakan surat yang dikirim melalui pos. Tetapi, zaman sekarang hanya dengan menggunakan dunia maya. Contoh: sms,line,Whatsapp, Blackberry Messenger, dsb.
  • Dulu untuk menghitung, kita menggunakan cara manual, lalu berkembang dengan menggunakan sempoa, dan sekarang menggunakan kalkulator.
  • Dulu untuk melakukan transaksi jual beli (berdagang) kita harus datang ke tempat, tetapi sekarang, kita dapat menggunakan media online, kita tidak perlu bertemu Face-to-Face antara penjual dan pembeli.
Tak kalah pentingnya, yang harus diperhatikan adalah dampak negatif dari perkembangan dan penggunaan teknologi:
  • Kebergantungan terhadap teknologi, misalkan handphone, dan itu dapat menimbulkan radiasi yang dapat membahayakan kesehatan tubuh
  • Kecanduan akan dunia maya dapat membuat manusia menjadi pasif dalam dunia nyata. “orang yang aktif dan jago berkomunikasi di dunia maya, belum tentu dapat berkomunikasi di dunia nyata sebaik ia berkomunikasi melalui dunia maya”.
  • Terbiasanya penggunaan teknologi dapat membuat kita malas dan dapat mengurangi daya kemampuan diri kita. Contoh: dalam berhitung, orang yang selalu menggunakan kalkulator dalam menghitung akan kalah kemampuan berhitungnya dengan orang yang jarang menggunakan kalkulator.
  • Dapat menimbulkan tindakan kejahatan. Contohnya: saat membeli barang melalui media online, terkadang barang yang sampai belum tentu sama dengan apa yang kita pesan (yang diiklankan oleh penjual).

0 komentar:

Posting Komentar